Minggu, 09 Juni 2013

NASA Curiosity Terkena Badai Matahari di Mars

09 Juni 2013 16:25 wib
detail berita
NASA Curiosity (Foto: Nbcnews)
CALIFORNIA - Robot jelajah Mars, Curiosity kabarnya terkena badai matahari di Mars. Setelah Rabu lalu matahari melepaskan coronal mass ejections (CME), NASA menempatkan Curiosity pada posisi standby (siaga).

Dilansir Nbcnews, Kamis (7/3/2013), Curiosity berdiam diri pada Rabu setelah matahari melepaskan partikel bermuatan menuju Mars. "Kami menjadi lebih hati-hati," ungkap Richard Cook dari NASA Jet Propulsion Laboratory.

NASA memposisikan robot jelajah planet merah ini dalam posisi standby. Sementara rover Opportunity serta dua pesawat luar angkasa buatan badan antariksa Amerika Serikat melakukan aktivitasnya secara normal.

Pada Selasa, ilmuwan mencatat adanya ledakan surya besar dari matahari yang melemparkan radiasi ke arah Mars. Ledakan solar ini kabarnya menghasilkan awan gas super panas yang bergerak menuju Mars di kecepatan 2 juta mph (3,2 juta kilometer per jam).

Bob Rutledge dari National Oceanic and Atmospheric Administration mengatakan, ledakan surya ini tidak berada dalam tingkatan ekstrem. Akan tetapi, fenomena alam harus tetap diwaspadai.

Ilmuwan mengatakan, dampak ledakan surya tersebut kabarnya tidak akan berdampak pada Bumi. Namun demikian, NASA waspada apabila partikel bermuatan yang dilepaskan dari matahari itu akan menerpa Bumi hingga mengakibatkan gangguan jaringan satelit, layanan GPS serta mengganggu maskapai penerbangan.

Tidak ada komentar: